Pendidikan Berlangsung Sepanjang Hidup

  

     Banyak hal yang menghambat kemajuan belajar tapi pada pokoknya digolongkan menjadi dua faktor yaitu, pertama, faktor indogin, yang datang dari diri pelajar sendiri. Meliputi dua faktor biologis seperti kesehatan, cacat badan. Dan faktor psikologis, seperti inteligensi, emosi, minat dll. Kedua, faktor exogin yang datang dari luar pelajar, yang meliputi lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.
      Kenyataan bahwa manusia berkembang melalui proses pendidikan, melahirkan suatu pandangan bahwa pendidikan pada dasarnya sebagai pelayanan untuk membantu pengembangan personel sepanjang hidup. Hal ini didasari adanya perubahan sosial masyarakat yang diakibatkan oleh kemajuan teknologi, perubahan pekerjaandan tuntutan kebutuhan orang dewasa, kesemuanya semakin menuntut peranan pendidikan sepanjang hayat. Artinya pendidikan yang berlangsung terus menerus, tidak hanya pada pendidikan formal (sekolah) saja.
      Pendidikan yang berlangsung seumur hidup itu berlangsung pada tiga lingkungan pendidikan keluarga, sekolah dan masyarakat.

Sumber : Resume dari berbagai Buku Ajar dan Sumber

No comments:

Post a Comment