PRINSIP-PRINSIP LAYANAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS



PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Anak-anak berkebutuhan khusus, adalah anak-anak yang memiliki keunikan tersendiri dalam jenis dan karakteristiknya, yang membedakan mereka dari anak-anak normal pada umumnya. Keadaan inilah yang menuntut adanya penyesuaian dalam pemberian layanan pendidikan yang dibutuhkan. Keragaman yang terjadi, memang terkadang menyulitkan guru dalam upaya pemberian layanan pendidikan yang sesuai. Namun apabila guru telah memiliki pengetahuan dan pemahaman mengenai cara memberikan layanan yang baik, maka akan dapat dilakukan secara optimal.
Kita akan mengkaji beberapa prinsip layanan pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus, yang dilengkapi dengan beberapa ilustrasi yang akan memudahkan saudara untuk mengkajinya. Selain itu juga akan disampaikan pendekatan-pendekatan pembelajaran yang sesuai untuk anak berkebutuhan khusus. Fasilitas pembelajaran juga akan menjadi salah satu bahan kajian pada unit ini untuk mendukukung layanan pendidikan anak berkebutuhan khusus.
Untuk memperdalam kajian saudara dalam unit ini, saudara juga diminta untuk mengerjakan latihan-latihan yang disediakan. Dengan demikian usai mengikuti kajian ini saudara akan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam memberikan layanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus.

B.    Rumusan Masalah
1.    Bagaimana prinsip dasar dalam layanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus?
2.    Bagaimana prinsip dalam penyelenggaraan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus?
3.    Bagaimana prinsip khusus yang perlu diperhatikan dalam layanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus?

C.    Tujuan
1.    Untuk mengetahui prinsip dasar dalam layanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus.
2.    Untuk mengetahui prinsip dalam penyelenggaraan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus.
3.    Untuk mengetahui prinsip khusus yang perlu diperhatikan dalam layanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus.




Download and Full Post Klik Disini

No comments:

Post a Comment